Makanan Khas Bogor Yang Bikin Kangen

makanan khasBogor, adalah kota kecil yang sekarang menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan. Banyak tempat asyik yang bisa dijadikan tempat untuk hangout bersama keluarga, sahabat dan kerabat. Ada banyak cafe dan restoran yang bertebaran di sana untuk yang berkocek tebal, tak usah khawatir untuk kamu yang berkantong tipis, masih sangat bisa menikmati weekend menyenangkan di sana dengan makanan yang terjangkau sesuai kedalaman kantong kita. Yuk, kita cek satu-satu ada makanan khas apa saja yang wajib di cicipi!

1. Doclang

Terbuat dari lontong atau ketupat, pelengkap lainnya yaitu irisan tahu, kentang rebus dan telur rebus kemudian di siram dengan saus kacang yang khas. Saus kacang ini berbeda dengan saus kacang siomay atau batagor. Dibubuhi sedikit kecap lalu ditaburi bawang goreng dan kerupuk. Jika ingin pedas bisa ditambahkan sambal yang selalu siap tersaji. Kalau di Bandung ada yang namanya Kupat Tahu, hampir mirip penampilannya tapi berbeda cita rasanya. Doclang awalnya dahulu banyak tersedia pagi hari, karena memang disajikan sebagai salah satu alternatif menu sarapan.

2. Tauge Goreng

Makanan khas Bogor yang berikutnya adalah tauge goreng! Tauge goreng sangat identik dengan kota Hujan. Isinya terdiri dari tauge yang direbus bersama mie basah. Dimasak di atas nampan kaleng bulat di atas tungku dengan kayu bakar, setelah matang toge dan mie basah dipindahkan ke piring atau daun papat (jika dibungkus untuk dibawa pulang). Lalu itu ditambah irisan tahu dan ketupat lalu disiram dengan kuah tauco yang khas sedikit agak pedas. Ada beberapa tempat yang terkenal menjual makanan khas ini, di daerah jl. Pengadilan dekat pasar Anyar Bogor, ada juga di Jalan Suryakencana dan di sekitar Jalan Jendral Sudirman Bogor, tepatnya di sebelah Gedung Wanita Bogor.

3. Laksa

Makanan khas yang jadul namun tetap lezat , menjadi salah satu menu yang wajib dicoba. Penjual Laksa mulai langka, jika ingin mencicipi makanan ini bisa di temui di beberapa tempat di Bogor, yang terkenal adalah laksa Pak Inin lokasinya jauh di dari pusat kota yaitu di Cijeruk Bogor. Makanan khas ini terbuat dari rebusan bihun dengan taoge yang disiram dengan kuah kental kuning yang khas sedikit ditambah daun kemangi menambah lezat cita rasanya dan harum. Dilengkapi sedikit oncom merah juga irisan tahu dan telur rebus. Taburan serundeng menambah gurihnya makanan ini.

4. Soto Kuning

Salah satu menu makanan khas andalan untuk sarapan atau makan malam. Soto yang berisi potongan daging atau jeroan sapi ini sangat lezat dengan kuah kentalnya yang berwarna kuning. Kuah yang terbuat dari santan kental ini menjadi ciri khasnya. Sekarang ini soto kuning bisa ditemukan kapan saja tidak hanya pagi atau malam hari, siang pun dengan mudah bisa kita temukan menu makanan khas nan lezat ini.

Buah Tangan Khas Surabaya Yang Harus Kamu Bawa Pulang

buah tanganJalan-jalan ke Surabaya bisa buat kita lupa waktu, mengingat ada banyak atraksi wisata dan tempat menarik yang bisa dikunjungi. Namun, jangan sampai keseruan saat traveling buat kamu lupa untuk beli oleh – oleh untuk orang rumah, ya! Bingung mau beli apa? Tenang, Surabaya punya banyak pilihan buah tangan yang menarik, kok!

1. Spikoe Resep Kuno

Sesuai namanya, spikoe resep kuno adalah lapis legit yang pembuatannya menggunakan resep kuno. Tekstur dari jajanan khas Surabaya ini sangat lembut dengan dua lapis khas spikoe berwarna kuning dan cokelat. Kamu bisa membeli spikoe khas Surabaya ini di Jalan Rungkut Madya 41!

2. Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

Lapis kukus Surabaya pahlawan bisa dibilang sebagai versi modern dari spikoe resep kuni. Bedanya, buah tangan ini menawarkan berbagai varian rasa, yaitu original, cocopandan, brownies dan full keju. Keempat rasa tersebut disajikan dengan topping berupa krim dan keju parut diatasnya. Mau beli oleh – oleh yang satu ini? Langsung aja ke Jalan Raya Mulyosari No. 376!

3. Almond Crispy Cheese

Ini dia buah tangan asli Surabaya yang paling terkenal! Almon cripy cheese ini mirip dengan cookies, hanya saja bentuknya sangat tipis sehingga renya banget waktu dimakan. Bahan dasar untuk membuat buah tangan asli Surabaya ini adalah tepung, telur, gula dan susu bubuk. Nggak cuma itu, topping almond dan keju juga menambah kelezatan buah tangan satu ini.

4. Sambal Bu Rudy

Jangan kaget ya, kalau banyak yang minya dibawakan Sambal Bu Rudy. Yes, cita rasa pedas yang khas membuat siapa aja yang mencicipi ketagihan. Sambal Surabaya yang satu ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Mulai dari sambal bajak, sambal bawang, hingga sambal udang. Di bagian belakang toko yang terletak di Jalan Dharmahusada 140 ini kamu juga bisa mencicipi langsung kelezatan nasi udan dan tentunya sambal buatan Bu Rudy.

5. Siropen Telasih

Berdiri sejak tahun 1923, dulunya Siropen dikelola oleh perusahaan milik Belanda sebelum akhirnya jatuh ke tangan Indonesia. Sirop ini istimewa karena pembuatannya tidak menggunakan pemanis buatan. Rasa yang ditawarkan oleh Siropen Telasih juga bermacam-macam. Ada varian rasa jeruk, vanili, frambozen, mawar, coco pandan, leci, karramel, hingga peppermint. Siropen telasih ini juga cocok diminum sore hari bersama dengan Sirop asli Surabaya lainnya seperti spikoe atau almond crispy cheese.

Makanan Enak Khas Indonesia Yang Diakui Dunia

makanan enakKita orang Indonesia, tapi nggak tau makanan-makanan enak asli Indonesia yang bisa bikin lidah terpuaskan? Sayang banget! Enaknya makanan Indonesia saat ini bahkan sudah diakui sampai ke luar negeri, lho! Mau tau makanan enak khas Indonesia apa saja yang sudah diakui oleh masyarakat luar? Yuk simak ulasannya!

1. Nasi Padang

Siapa yang nggak kenal sama makanan lezat dari Indonesia satu ini? Yes, nasi padang menempati urutan pertama dari makanan Indonesia paling enak. Makanan ini merupakan makanan khas koya Padang yang punya cita rasa enak dan lezat. Tau nggak sih, sempat ada bule yang membuat lagu untuk kuliner ini, lho! Bule bernama Kvitland, membuat sebuah lagu dengan judul nasi padang dan sudah ditonton ribuan penonton melalui akun YouTubenya.

2. Mie Aceh

Untuk makanan enak selanjutnya, jatuh kepada mie aceh! Mie aceh merupakan sebuah hidangan yang berbahan dasar mie kering dan ditambahkan dengan potongan daging sapi, daging kambing dan udang, tergantung selera kamu. Mie ini memiliki cita rasa pedas dan berbeda dangan mie pada umumnya. Kamupun bisa memilih variasi mie kuah atau goreng. Rasanya? Jangan ditanya! Udah pasti sama enaknya tentunya!

3. Bika Ambon

Makanan Indonesia yang sudah diakui dunia berikutnya berasal dari kota Medan, Sumatera Utara. Makanan lezat yang satu ini dibuat dengan berbagai vahan. Diantaranya adalah telur, gula serta santan yang berbau pandan wangi. Bika ambon juga menjadi satu dari sekian banyak makanan favorit kota Medan.

4. Gulai Ikan Patin Jambi

Makanan enak yang satu ini sudah populer dan terkenal di daerah Jambi. Makanan enak asli kota Jambi ini dimasak dengan memakai tempoyak. Buat kalian yang nggak tau apa itu tempoyak, tempoyak merupakan daging buah durian yang sudah difermentasi. Bahan dasar lainnya adalah ikan patin.

Nah, itu dia 4 makanan dalam negeriyang diakui dunia. Buat kamu yang merasa sebagai orang Indonesia, jangan sampai nggak pernah mencicipi makanan-makanan enak ini ya, guys!

Jajanan Khas Bandung Yang Melegenda

jajanan khasDaerah bandung sudah terkenal dengan jajanan khas yang pastinya enak-enak. Nggak cuma itu, makanan-makanannya pun sudah melegenda sejak zaman dulu dan masih ada hingga saat ini. Nggak perlu khawatir, harganya dijamin ramah sama kantong! Mau tau apa aja jajanan khas Bandung melegenda yang ada saat ini? Yuk, simak artikel yang satu ini!

1. Surabi

Jajanan asal Bandung yang satu ini gampang banget ditemukan! Kalau dilihat-lihat, jajanan khas ini bentuknya mirip pancake. Bedanya, kue surabi ini dimasak dengan cara dibakar di atas tungku. Tungku dan cetakan yang dibuat untuk membakar jajanan Bandung ini, terbuat dari tanah liat. Karena alat-alat memasak itulah yang menjadi cita rasa surabi ini! Untuk toppingnyapun bermacam-macam. Mulai dari nangka, durian, hingga keju dan cokelat.

2. Peuyeum

Jajanan unik asal Bandung ini merupakan salah satu jajanan yang paling sering dijadiin oleh-oleh dari orang yang berkunjung ke Bandung. Jajanan dari Bandung ini adalah makanan sejenis tape yang tervuat dari singkong.

3. Cilok

Kalau cemilan asal Bandung satu ini nggak usah diragukan lagi keeksisannya! Cilok ini merupakan sebuah singkatan dari “aci dicilok” dan sudah ada beragam inovasi mulai dari bentuk hingga rasanya. Dulu, jajanan khas ini hanya berbumbu saus kacang, tapi sekarang kamu udah bisa mencoba lezatnya cilok dengan saus mayonaise dan isi yang beraneka rasa.

4. Wajit Cililin

Cemilan khas Bandung berikut terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menajdi satu. Wajit cililin ini merupakan oleh-oleh asli dari Cililin, kabupaten Bandung Barat. Terdapat banyak macam wajit di Bandung, tapi wajit cililin ini punya keunikan sendiri, yaitu dibungkus dengan cangkang jagung.

5. Cireng

Cireng adalah jajanan dari Bandung dengan bahan utamanya terdiri dari tepung kanji atau tepung tapioka (aci) yang dicampur dengan berbagai bumbu. Sekarang ini, sudah terdapat bermacam-macam varian isi cireng seperti sosis, keju, ayam, sampai smoked beef.

Nah itu dia beberapa jajanan kota Bandung yang masih melegenda hingga sekarang ini dan bisa kamu cicipi kalau lagi jalan-jalan ke Kota Kembang, Bandung!

Makanan Korea Yang Sehat, Enak dan Pastinya Bikin Ketagihan

makanan korea

Kalau ngomongin soal makanan Korea, banyak banget nih yang sehat tapi juga enak-enak. Mau tau apa aja makanan Korea buat kamu coba? Yuk, simak artikel yang satu ini!

1. Bulddak

Makanan Korea yang satu ini dibuat dari daging ayam tanpa tulang (biasanya yang dipakai adalah dada ayam fillet) yang dibumbui dengan saus khas Korea gochujang. Lalu dipanggang atau digoreng dan disajikan dengan lelehan keju. Oiya, saus gichujang yang jadi bumbu utamanya itu sudah pedas dari sananya. Untuk kamu penyuka makanan pedas pasti langsung jatuh hati dengan makanan Korea bernama bulddak ini.

2. Bimbimbap

Makanan Korea ini sebenarnya bisa dibilang nasi campur gitu deh. Mungkin kalau di Korea sana ada warteg, yang dijual ya beginian. Karena nasi campur, kita sebenarnya bisa nyampurin apa saja sesuka kita. Yang pasti saus pasta original Korea, minyak wijen dan bawang putih jangan sampai lupa. Biasanya campurannya ada sawi, toge, wortel, dan yang paling the best: telur setengah matang dituang di atas nasinya. Hmm… Daebak!

3. Kimchi

Ini salad dari Korea super segar tapi juga sekaligus super asam! Saking khas Korea, kalau berkunjung ke negerinya. Tidak boleh dilewatkan kursus kilat membuat kimchi ini sambil pakai Hanbok (pakaian tradisional Korea). Banyak yang kurang suka dengan makanan dari Korea ini karena rasanya yang super asam. Takarannya memang harus pas saja sih. Dimakan dengan mie kuah hangat, wuahhh super enak rasanya.

4. Kimbap / Gimbap

Ini bisa dibilang sushi roll-nya Korea lah. Makanan Korea ini cara membuatnya adalah dengan digulung bersama rumput laut kering dan di tengah-tengah nasinya itu bisa diisikan macam-macam. Daging dan sayuran kesukaan kamu bisa kamu tambahkan, lho!

5. Korean BBQ

Kalau sering nonton drama Korea, pasti sudah hapal dengan kuliner BBQ ini. Kalau karakter di dramanya lagi galau (biasanya cewek), pasti nongkrong di warung-warung soju disana yang, kayaknya mirip minimarket di sini deh yang tiap jengkal ada. Sambil minum soju (minuman khas Korea), bisa sambil pesan berpiring-piring daging bbq. Di sana bbq dijadiin cemilan macam keripik kentang gitu lah kayaknya! Makan dagingnya harus dicelup bumbu dulu terus dibungkus pakai lettuce atau selada. Nyam! Korean BBQ ini lagi hits banget di sini nih. Sampai-samopai modifikasi Korean BBQ sekarang lebih sering dibalur dengan lelehan keju gitu. Walaupun, daun seladanya tetap disediakan juga.

Makanan Lezat Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

makanan lezat

Diabetes merupakan penyakit yang mematikan dan menjadi momok mengerikan bagi kebanyakan orang. Namun, risiko penyakit diabetes dapat diturunkan dengan menjaga pola makan dan menjalankan pola hidup sehat. Yap, diabetes memang sangat berkaitan dengan makanan dan minuman yang kita makan. Nah bagi kamu yang memiliki sejarah diabetes di keluarga atau bagi siapa saja yang ingin menghindari penyakit mengerikan ini, berikut ini daftar makanan lezat yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang aman dikonsumsi. Kenapa? Oatmeal banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan sebagai pengganti sumber karbohidrat. Buat kamu yang bosan sarapan dengan nasi, kamu bisa mencoba makan oatmeal dengan buah-buahan. Selain menjadi makanan lezat, tentunya oatmeal baik untuk tubuhmu!

2. Sayur Bayam

Nah makanan lezat satu ini pasti sering kamu makan kan? Yap, menurut penelitian sayur bayam memiliki kandungan lutein yang bagus untuk pasie diabetes, terutama untuk organ mata. Mengolah bayam menjadi sayuran juga cukup mudah, lho!

3. Nasi Merah

Nasi merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Tetapi nasi yang biasa kita makan ialah nasi putih, yang sebenarnya mengandung banyak sekali gula. Nah untuk kamu yang kena diabetes atau yang ingin menghindarinya, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah dikenal lebih rendah gula, namun tetap bisa menjadi makanan lezat jika kamu tambahkan dengan lauk pauk sehat dan enak lainnya.

4. Daging Tanpa Kandungan Lemak

Penderita diabetes boleh makan daging? Sebenarnya boleh-boleh saja,apalagi daging memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Yang perlu diperhatikan adalah saat mengolahnya, hilangkan semua bagian lemak pada daging. Kemudian saat memasak, jangan gunakan minyak goreng. Akan lebih bagus lagi jiga dipanggang atau direbus. Jadi, kamu tetap bisa menyantap makanan ini tanpa perlu khawatir!

5. Ikan Laut

Yes, makanan lezat namun aman dikonsumsi bagi pasien diabetes berikutnya adalah ikan laut. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika ikan laut bisa menjadi sumber protein yang sangat baik untuk tubuh manusia, tak terkecuali para orang diabetes. Yang perlu diperhatikan adalah cara memasaknya, akan lebih baik jika dibakar, dikukus atau dipanggang. Kemudian pilihlah ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti sarden, tuna dan salmon. Hindari ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti tongkol.

Makanan Pedas Asal Tasik Yang Bikin Nagih

makanan pedas

Jika kamu suka wisata kuliner dan penggemar makanan pedas, Tasik bisa masukan list daerah yang harus kamu kunjungi. Nggak hanya terkenal dengan Gunung Galunggungnya saja, tasik juga kaya makanan pedas yang wajib kamu coba. Kira apa saja makanan Tasik yang bikin seuhah?

1. Cilok Goang Segar

Beberapa tahun terakhir hingga hari ini cilok goang jadi makanan favorit warga tasik, selain mampu memenuhi keinginan untuk memakan makanan pedas, 1 porsi cilok yang berisikan 1 ceker, 1 sayap, 6 cilok dan 2 tahu ini cukup untuk membuat kenyang perut. Dan ini yang paling penting jadi sasaran kalo lagi stres.

2. Seblak Kerupuk

Seblak kurupuk yang empuk super pedas ini bisa jadi obat buat kamu yang lagi panas dalam, banyaknya cabe rawit yang kaya vitamin c ini bagus untuk atasi panas dalam. Seblak kurupuk ada 2 macem loh, mau yang empuk kayak sayur, atau yang garing? Dua-duanya enak, pasti bikin ketagihan, kalo mau bikin, gampang banget, cukup siapin kerupuk, caberawit, cikur, sama penyedap rasa. Mudah banget kan membuat makanan yang satu ini?

3. Cilok Goreng Sosoy

Masih sekeluarga dengan cilok goang dan cilok lainnya, bedanya makanan pedas yang satu ini digoreng dan dikasih bumbu pedas dari cengek sama cabe rawit yang bisa bikin mulut kamu keriting. Pas banget dinikmatin sore-sore pas ujan bareng temen-temen. Di beberapa tempat rasa dari cilok sosi ini macem macem, tapi tetep yang paling pedas dan enak yang pedes pisan atuh!

4. Makaroni Kering dan Makaroni basah Mang Ade

Ini nih makanan pedas dengan bentuk kecil tapi banyak peminatnya, telat dikit dijamin nggak kebagian, makaroni pedas mang ade yang magang di Cilolohan pasti bikin ketagihan, mau sepedas apapun pasti dikasih, mau kering atau basah atau campur bisa. Buka jam 6.30 pagi untuk yang kering, kalo yang basah jam 7 pagi. Kalo mau beli jangan lewat jam empat, di jamin kamu kehabisan. Saking larisnya, makaroni ini abis sebelum pulang kerja, apalagi ada anak sekolah, udah deh gigit jari.

5. Cibay Ngarumbay

Bukan hanya orang yang lebay, aci juga bisa lebay, di singkat jadi CiBay, isi ayam rasa pedas, ditabur pedasnya cabai kering yang masih kelihatan bijinya. Di tasik penjual makanan pedas bernama cibay ini ada banyak, tapi yang enak itu di deket UNSI, cibay uu aa, harga murah Cuma Rp 1,500, pesan dua Rp 3,000 dan dijamin bisa bikin perut kenyang. Tidak hanya rasa pedas, tapi ada rasa keju, lho!