3 Hal Ini Akan Terjadi Setelah Negara Bangkrut

sistem ekonomi IndonesiaKrisis global yang terjadi beberapa tahun belakangan ini membuat perekonomian di beberapa negara di dunia mengalami penurunan hingga menyebabkan kolaps atau bangkrut. Negara yang mengalami kondisi tersebut tidak lain adalah Jepang, Jamaika, Libanon, Italy, dan Yunani. Bahkan, Yunani sudah dikabarkan sebagai negara bangkrut akhir-akhir ini. Jika terjadi kebangkrutan pada suatu negara, maka akan terjadi beberapa hal yang cukup serius. Di artikel ini, akan memberikan informasi lengkapnya kepada Anda.

Terjadi Kerusuhan di Segala Penjuru

Saat sebuah negara bangkrut, maka penduduknya akan mengalami ketakutan akan tidak mampunya mereka untuk bertahan hidup dan mendapatkan uang, Seperti yang terjadi ketika krisis moneter dialami oleh Indonesia, ketika mengalami krisis moneter di zaman pemerintahan Soeharto, terjadi kerusuhan di mana-mana. Banyak orang yang akan menyampaikan kekecewaan mereka dengan melakukan aksi demo dan berujung pada kerusuhan. Bukan hanya itu, tingkat kejahatan akan meningkat dan menyebabkan keamanan dan kedamaian negara terancam. Terbukti dengan banyaknya pembunuhan, penjarahan, dan berbagai tindak kriminal lainnya.

Utang Luar Negeri Semakin Menumpuk

Sebelum benar-benar menjadi negara bangkrut, sebuah negara nantinya akan bersusah payah untuk mempertahankan perekonomian mereka, termasuk dengan mengajukan hutang luar negeri. Jika hal ini sudah dilakukan namun tetap tidak berhasil, maka imbasnya hutang negara akan semakin menumpuk. Kenapa? Karena negara bangkrut saja sudah tidak mampu lagi untuk menyejahterakan rakyat mereka, apa lagi menyelesaikan utang mereka? Oleh sebab itu, utang semakin lama akan semakin menumpuk dan memperburuk keadaan.

Bisnis dan Lapangan Pekerjaan Menghilang

Jika sebuah negara bangkrut, maka otomatis akan mengalami krisis moneter atau perekonomian pun menjadi sulit. Negara yang berada dalam status bangkrut akan membuat para pebisnis dan para investor menarik investasi mereka. Para investor akan percaya lagi untuk mengalirkan dana investasi mereka. Saat hal ini terjadi, maka akan banyak bisnis yang ikut gulung tikar dan menyebabkan ratusan orang kehilangan pekerjaan. Setelah itu, angka pengangguran negara akan meningkat sehingga keadaan negara akan semakin buruk lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *