3 Keuntungan Bisnis Startup Dibandingkan Usaha Konvensional

uang-elektronik
Uang Elektronik

Beberapa generasi milenial yang masih takut buat terjun ke bisnis startup. Mereka lebih memilih bekerja atau bahkan memilih membuka usaha konvensional dengan produk fisiknya yang bisa terlihat.

Padahal kita mengetahui bahwa mereka cenderung memiliki kreativitas dan inovasi yang lebih tinggi dibandingkan golongan umur lainnya. Sayang jadinya kalau kemampuan tersebut hanya tersimpan di dalam pikiran dan gak diwujudkan menjadi ide brilian.

Nah, supaya ide-ide kamu gak mubazir mending langsung aja yuk cek 3 alasan dengan memulai bisnis startup sekarang dibandingkan usaha biasa berikut ini:

1. Bisnis startup gak butuh lokasi yang terlalu strategis

Berbeda dengan usaha pada umumnya, perusahaan rintisan gak memerlukan lokasi yang tepat dan strategis buat memulainya. Sebab modal utama dari jenis bisnis kayak gini adalah internet di mana hal itu gak mengenal ruang dan waktu.

Dengan begitu kamu gak perlu lagi memikirkan biaya kantor yang mahal buat tempat bekerja bersama kolega. Lumayan uangnya bisa digunakan buat keperluan lainnya yang menunjang aktivitas usaha kayak iklan dan sumber daya manusia. Bisa juga dikonversikan menjadi uang online.

2. Bisnis startup punya pasar yang lebih luas

Masih ada hubungannya sedikit dengan lokasi, modal utama tadi yang memanfaatkan teknologi internet membuat bisnis kamu gak lagi terbatas lagi oleh jarak. Sehingga orang di manapun, di seluruh dunia dapat melihat etalase produk kamu yang dijual.

Lain cerita kalau kamu memilih usaha lain yang bertumpu di satu lokasi aja, pangsa pasar lebih terbatas lantaran letak geografisnya gak mencangkup seluruh wilayah.

Bisa aja sih kamu memasarkan produk itu melalui media sosial tapi biaya yang dikeluarkan udah pasti bertambah dan menjadi kurang efisien.

3. Startup memerlukan modal yang relatif lebih rendah

Karena gak perlu mengeluarkan biaya yang banyak pada beberapa keperluan seperti sewa tempat, belanja barang fisik dan sumber daya manusianya bikin modal usaha relatif rendah.

Kadang kita sering mendengar kalau salah satu kendala seseorang sulit buat membuka usaha adalah keterbatasan modal. Namun, hal itu kini udah bisa sedikit teratasi dengan munculnya model perusahaan rintisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *