3 Tipe Asuransi yang Wajib Kamu Miliki

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Hingga saat ini, asuransi masih sering dianggap sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Meski sifatnya melindungi berbagai risiko keuangan yang mengintai pribadi dan keluarga, masih banyak masyarakat kita yang belum memahami pentingnya kegunaan asuransi. Kesadaran masyarakat kita akan pengertian dan jenis-jenis asuransi sendiri masih sangat minim.

Tipe asuransi dikelompokkan sesuai dengan risiko yang ditanggung sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Hal ini sebagai antisipasi potensi kerugian perusahaan asuransi, dan sebagai penetapan tingkat premi yang sesuai dengan tipe asuransi.

Apa saja tipe asuransi di Indonesia? Berikut ulasannya:

1. Asuransi Jiwa

Ini adalah tipe asuransi pertama yang kamu prioritaskan. Asuransi satu ini sangat penting bagi kepala keluarga yang mencari nafkah keluarga. Bisa suami atau istri, tergantung siapa pencari nafkah utamanya. Tipe asuransi jiwa hanya diikuti satu orang, dengan uang pertanggungan yang akan dinikmati ahli waris (istri dan anak-anak) jika pencari nafkah meninggal.

Asuransi jiwa merupakan macam asuransi yang bisa dibeli atas kepentingan sendiri (mengatasnamakan tertanggung saja) atau bisa juga untuk kepentingan orang ketiga. Seperti halnya orang tua yang mengasuransikan diri terhadap pasangannya, atau pada keluarga kecilnya termasuk anaknya.

2. Asuransi Kesehatan

Selanjutnya asuransi kesehatan menjadi prioritas kedua untuk mengurangi risiko jika keluarga dan anak dalam keadaan sakit, terutama sakit keras seperti jantung, diabetes, dan lain-lain

Perlindungan yang diberikan pada tipe asuransi ini, akan lebih menjamin kesehatan tertanggung dengan mengklaim biaya atas segala pengobatannya saat jatuh sakit. Asuransi ini termasuk macam asuransi di Indonesia yang dapat dibeli untuk kepentingan pembeli premi saja ataupun orang ketiga.

Kesehatan merupakan salah satu kunci terpenting dalam menjalankan berbagai aspek usaha, hal ini menjadi keutamaan asuransi kesehatan. Seringkali biaya kesehatan tidak menjadi prioritas utama dan dialokasikan sebagai pengeluaran yang tak terduga.

3. Asuransi Pendidikan

Pendidikan merupakan kunci untuk masa depan yang lebih terjamin, terutama untuk pendidikan anak. Pentingnya tingkat pendidikan yang akan dipertimbangkan, juga ikut menentukan premi asuransi yang diambil pada setiap perusahaan asuransi. Lemahnya nilai tukar rupiah menjadi salah satu faktor tingginya biaya pendidikan terhadap mata uang asing, seiring dengan pertumbuhan anak yang bisa dibilang merupakan investasi seumur hidup. Tak heran, macam asuransi ini atau disebut sebagai education insurance menjadi pilihan asuransi yang diprioritaskan oleh para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *