5 Tips Cepat Membayar hutang

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Ada kalanya di saat kita terdesak dan membutuhkan uang, berhutang adalah salah satu jalan keluarnya. Persoalan yang kerap kali terjadi adalah kita susah untuk membayar hutang kita tersebut.

Di kehidupan sehari-hari, pasti tidak asing dengan kata hutang. Mungkin hampir semua orang pernah berutang karena alas an tertentu. Sebenarnya, tidak masalah berhutang asalkan sanggup membayar sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Sayangnya, tak sedikit orang yang berutang namun tak mampu membayar sesuai ketentuannya. Bahkan, ada yang harus berutang lagi untuk menutupi utang sebelumnya.

Ada banyak cara dan strategi yang bisa digunakan untuk melunasi utang dengan cepat. Berikut lima tips yang bisa kamu terapkan :

1. Menyusun daftar utang

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk membayar hutang, sebaiknya Anda menyusun daftar seluruh utang yang ada. Tulis semuanya dengan susunan sesuai dengan prioritas untuk dilunasi. Termasuk, besaran suku bunganya.

2. Menetapkan skala prioritas pembayaran

Pastinya, bayar terlebih dahulu hutang dengan jumlah kecil. Setelah itu, lunasi lah hutang dengan suku bunga yang paling tinggi. Kemudian, pilih suku bunga yang terbilang cukup rendah. Untuk hutang yang besar, buatlah cicilan dengan bunga stabil.

3. Tidak menyelesaikan utang dengan berhutang

Jika sedang giat membayar hutang, sebaiknya jangan membuat hutang baru. Terlebih lagi bagi mereka yang gemar belanja dengan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya selesaikan dulu hutang yang wajib dibayar. Jangan sampai menerapkan pola atau gaya hidup gali lubang tutup lubang untuk menyelesaikan hutang.

4. Mencicil dengan nominal kecil secara periodik

Boleh saja mencicil hutang dengan angka yang kecil, tapi dilakukan sesuai periode yang telah ditentukan. Daripada membayar hutang langsung banyak, tapi tidak realistis, hal ini bisa menjadi percuma. Bahkan, berpeluang untuk memunculkan masalah baru yang lebih rumit. Tak ada bedanya dengan gaya hidup gali lubang tutup lubang.

5. Tidak menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bisa diibaratkan dua mata pisau berbeda. Di satu sisi, kartu ini bisa menguntungkan. Apalagi saat keadaan memang benar-benar dalam keadaan darurat. Namun, di sisi lainnya, jika tidak pandai memakai kartu sakti ini, akan menjadi bumerang lagi bagi diri sendiri. Ada baiknya anda harus bijak dalam menggunakan kartu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *