5 Tips Untuk Mengatur Gaji Bulanan

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Tidak sedikit orang yang merasa kurang dengan gaji yang mereka peroleh, bahkan ketika sudah mendapatkan gaji dengan nominal yang cukup besar. Kebutuhan semakin meningkat dan akhirnya gaji hanya lewat begitu saja.

Banyak orang yang masih menyepelekan masa depan finansial, bahkan beranggapan jika mendapat gaji bulanan maka keuangan masih aman tanpa harus mengatur gaji.

Selain itu, masih banyak juga yang mengalami kasus, jika makin besar pendapatan justru semakin sulit untuk menabung. Bahkan sama saja ketika menerima gaji pas-pasan, sering berhutang karena uang habis sebelum tanggal gajian tiba.

Berikut ini adalah kiat mengatur gaji dengan bijak yang bisa Anda praktikkan 

1. Siapkan Anggaran

Buatlah anggaran di awal bulan. Anggaran tersebut meliputi anggaran primer dan anggaran  sekunder. Anggaran primer merupakan kebutuhan penting seperti biaya makan, transport, dan parkir. Sedangkan anggran kebutuhan sekunder meliputi kebutuhan dadakan seperti servis motor, liburan dan membeli pakaian. Membagi dengan cara tersebut kamu bisa mengatur gaji lebih efisien karena sudah terencana dengan baik.

2. Membayar Hutang/Cicilan

Poin kedua ini adalah hal yang paling penting saat mengatur gaji. Jangan sekali-sekali menunda cicilan atau hutang yang anda punya. Sebaiknya, kita harus menjauhkan diri dari hutang atau cicilan ini. Berhutanglah jika Anda benar-benar memiliki hal mendesak untuk segera dibayarkan.

3. Membuat 2 Rekening

Siasati gaji Anda dengan membuat dua rekening tabungan.
Satu rekening digunakan khusus untuk pengeluaran yang sudah dianggarkan dan satu lagi untuk rekening tabungan. Mau sesedikit apapun, kita harus tetap mengusahakan untuk menabung.

4. Membandingkan Anggaran dengan Kenyataan

Nah, ini saatnya kita membandingkan anggaran yang sudah kita buat dengan kenyataan yang ada. Karena dari kenyataan ini kita bisa mengerti di bagian mana kita mengeluarkan terlalu banyak uang. Hal ini bisa membuat kita lebih cermat dalam mengatur gaji bulanan kita. Anda bisa mulai mengatur ulang anggaran sesuai dengan kenyataan.

5. Belanja Sesuai Kebutuhan

Untuk beberapa orang ini merupakan hal yang cukup sulit. Khususnya yang tinggal di kota besar, banyak hal yang memanjakan mata dan pastinya menggoda untuk dibeli. Bukan berarti shopping itu salah, tapi belanja lah sesuai kebutuhan dan jangan sampai melebihi anggaran yang telah Anda buat. Beli lah sesuatu yang berguna untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *