5 Trik Menenangkan Diri Ketika Cemas atau Marah

berpikir positifSetiap orang pasti memiliki kekhawatiran dan kemarahan dari waktu ke waktu. Tetapi itu adalah sesuatu yang normal, bukan? Namun, ketika dua rasa itu mengambil alih, Anda akan kesulitan untuk bersikap tenang. Oleh karenanya, Anda harus bisa menenangkan diri demi menghindari berbagai kemungkinan buruk di masa depan. Itulah mengapa memiliki beberapa strategi yang Anda kenal dapat membantu menenangkan diri Anda. Berikut ini beberapa kiat bermanfaat yang dapat dilakukan saat Anda perlu menenangkan diri.

Bernapaslah

“Breathing is the number one and most effective technique for reducing anger and anxiety quickly,” says Scott Dehorty, LCSW-C, of Delphi Behavioral Health. Saat Anda cemas atau marah, Anda cenderung mengambil nafas pendek dan sedikit-sedikit. Itu sebabnya mengambil napas yang panjang dan dalam dapat menenangkan diri Anda. Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu Anda tenang. Satu adalah pernapasan tiga bagian. Pernapasan tiga bagian mengharuskan Anda menarik napas dalam-dalam dan kemudian menghembuskan napas sepenuhnya sambil memperhatikan tubuh Anda.

Akui Bahwa Anda Cemas atau Marah

Biarkan tubuh mengatakan bahwa sendang dalam keadaan cemas dan marah. Ketika Anda memberi label bagaimana perasaan Anda dan membiarkan Anda mengekspresikannya, rasa itu akan dengan sendirinya menghilang dan mengembalikan diri Anda ke dalam mode normal. Bila Anda terus menerus menyangkal, maka tidak akan bisa menenangkan diri.

Rilekskan Tubuh Anda

Saat Anda merasa marah dan cemas, itu terasa seperti otot tubuh yang berubah menjadi tegang. Oleh karena itu, Anda harus berlatih untuk menenangkan diri demi membantu diri sendiri. Berbaringlah di lantai dengan tangan Anda di sisi Anda. Pastikan kaki Anda tidak disilangkan dan tangan Anda tidak dalam kepalan tangan. Mulai dari jari-jari kaki Anda dan katakan pada diri sendiri untuk melepaskan mereka. Perlahan-lahan naikkan tubuh Anda, katakan pada diri sendiri untuk melepaskan setiap bagian dari tubuh sampai Anda mencapai kepala Anda.

Alihkan Fokus Anda

Ketika Anda marah, coba tinggalkan situasi itu, pergi ke tempat lain yang bisa menjadi lokasi menenangkan diri. Dengan begitu, Anda tidak akan terfokus lagi pada perasaan tersebut dan sedikit-demi sedikit bisa melupakannya. Setelah sudah merasa lebih tenang, Anda bisa kembali dan mengendalikan emosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *