4 Tempat Beli Baju yang Gak Bikin Cepat Miskin

uang-elektronik
Uang Elektronik

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, seluruh pusat perbelanjaan akan dipenuhi banyak orang yang ingin beli baju lebaran.

Suasana tersebut juga didukung dengan banyaknya barang yang memberikan diskon besar-besaran. Mulai dari makanan hingga pakaian. Ditambah dengan cairnya uang THR(Tunjangan Hari Raya) yang didapatkan para pekerja.

Tak usah berlama-lama, berikut lima tempat beli baju lebaran murah di Jakarta yang bisa jadi pilihanmu borong baju buat keluarga.

1. Pasar Tanah Abang

Tempat ini memang menjadi salah satu pusat belanja yang sangat ramai dikunjungi banyak orang terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Faktanya, Tanah Abang menawarkan berbagai pakaian dari anak-anak hingga orang dewasa dengan harga yang sangat murah. Bahkan gak sedikit orang yang belanja di sana untuk dijualkan lagi.

Di sini, kamu juga bisa membeli pakaian secara grosir atau eceran. Selain itu, kamu dapat tawar menawar untuk mendapatkan harga terendah. Selain itu akses juga mudah, kamu bisa menggunakan busway atau kereta.

2. ITC Mangga Dua

Selain itu, kamu juga bisa beli baju lebaran di ITC Mangga Dua yang tidak hanya menjual berbagai jenis pakaian, tapi juga aksesoris dan lainnya.

Pusat belanja yang terletak di Jakarta Utara ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin belanja baju baru sekaligus aksesoris untuk menunjang penampilan.

Soal harga juga tidak jauh berbeda dengan tempat sebelumnya. Makanya, tidak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung.

3. Thamrin City

Lokasinya tak jauh dari Pasar Tanah Abang, kamu bisa mampir ke Thamrin City yang memang kini jadi tujuan kebanyakan orang buat berbelanja, khususnya buat para hijabers.

Pusat perbelanjaan ini memiliki bermacam-macam penjual pakaian, mainan serta elektronik. Produk yang dijual di sini pun tak kalah murah dengan tempat belanja lainnya.

Jadi, jangan heran kalau menjelang lebaran, Thamrin City akan dipenuhi oleh orang-orang yang ingin memborong belanjaan.

4. Blok M Square

Pusat perbelanjaan Blok M sejak dahulu memang menjadi incaran banyak orang untuk berburu baju baru. Salah satunya adalah Blok M Square yang terletak di daerah Jakarta Selatan.

Tempat belanja yang satu ini menyediakan berbagai pilihan pakaian yang tengah hits di pasaran. Lebih enaknya lagi, Blok M Square juga memiliki banyak tempat kuliner dan juga bioskop. Jadi, bisa sekalian nonton deh.

3 Pengusaha Muslim Indonesia yang Sukses Secara Internasional

uang-elektronik
Uang Elektronik

Di Indonesia, kita memiliki sosok-sosok yang gak kalah hebat. Meski gak menjadi wanita terkaya di dunia, tapi mereka berhasil sukses di usia muda bahkan dengan harta miliaran rupiah.

Yang lebih hebat lagi, kesuksesan diraih berkat hasil kerja keras mereka, bukan dari harta turunan atau harta suami. Ada yang jadi pengusaha fesyen, desainer kawakan, hingga bos startup pakaian muslimah.

Berikut ini 5 pengusaha muslim wanita sukses asal Indonesia yang bahkan sukses menembus pasar internasional.

1. Dian Pelangi

Dian Wahyu Utami bisa dibilang sebagai salah satu pengusaha muslim paling sukses di Indonesia. Wanita kelahiran 1991 ini bahkan telah mencatatkan namanya di deretan Forbes 30 Under 30. Dian merupakan seorang desainer dan pemilik beberapa gerai toko baju muslim perempuan ‘Dian Pelangi’.

Awal mula kesuksesannya adalah saat ia diminta untuk mengurus toko busana muslim milik ibunya di Jakarta. Kesempatan ini pun tak disia-siakannya. Ia yang baru lulus dari sekolah mode Esmod justru memiliki peluang lebih besar untuk berkreasi dengan usaha ibunya.

2. Diajeng Lestari

Diajeng Lestari merupakan pengusaha muslim yang sukses, yaitu Hijup. Diajeng adalah istri dari Achmad Zaky yang gak lain adalah pendiri BukaLapak.

Latar belakangnya mendirikan Hijup berawal dari sulitnya mencari pakaian muslim yang trendi dan unik. Padahal, kala itu sudah banyak desainer-desainer kreatif bermunculan dengan produk andalan pula, seperti salah satunya Dian Pelangi. Namun sayangnya, sistem penjualannya masih belum tersistem dengan baik, sehingga banyak orang yang masih kebingungan untuk membelinya.

Nah berdasarkan kasus di atas, Diajeng pun mulai menggaet produk busana muslim lokal tersebut untuk bergabung bersama Hijup. Kini kamu bisa melihat ratusan merek dari para desainer top di situs Hijup.com.

3. Medina Zein

Pengusaha muslim satu ini umurnya masih sangat muda sekitar 27 tahun, tapi pendapatannya telah mencapai miliaran rupiah. Dialah Medina Zein, pengusaha muda yang sukses berkat beberapa unit usaha.

Medina diketahui memiliki bisnis bernama Jannah Corporation. Ditelisik lebih jauh, bisnis tersebut ternyata bergerak di bidang kuliner, terutama kue kekinian. Kalau kamu pernah melihat artis-artis buka toko kue kekinian, seperti kue Napoleon Irwansyah dari Medan, dan Snow Cake Zaskia Sungkar di Surabaya. Nah, mereka berada di bawah naungan Jannah Corporation.

Selain kue, pengusaha muslim ini juga memiliki bisnis skincare yang dimulainya sejak tahun 2011. Kala itu bisnisnya ini hanya berkonsep online shop, tapi kini sudah menjadi bisnis dengan omzet miliaran rupiah.Posted

3 Keuntungan Bisnis Startup Dibandingkan Usaha Konvensional

uang-elektronik
Uang Elektronik

Beberapa generasi milenial yang masih takut buat terjun ke bisnis startup. Mereka lebih memilih bekerja atau bahkan memilih membuka usaha konvensional dengan produk fisiknya yang bisa terlihat.

Padahal kita mengetahui bahwa mereka cenderung memiliki kreativitas dan inovasi yang lebih tinggi dibandingkan golongan umur lainnya. Sayang jadinya kalau kemampuan tersebut hanya tersimpan di dalam pikiran dan gak diwujudkan menjadi ide brilian.

Nah, supaya ide-ide kamu gak mubazir mending langsung aja yuk cek 3 alasan dengan memulai bisnis startup sekarang dibandingkan usaha biasa berikut ini:

1. Bisnis startup gak butuh lokasi yang terlalu strategis

Berbeda dengan usaha pada umumnya, perusahaan rintisan gak memerlukan lokasi yang tepat dan strategis buat memulainya. Sebab modal utama dari jenis bisnis kayak gini adalah internet di mana hal itu gak mengenal ruang dan waktu.

Dengan begitu kamu gak perlu lagi memikirkan biaya kantor yang mahal buat tempat bekerja bersama kolega. Lumayan uangnya bisa digunakan buat keperluan lainnya yang menunjang aktivitas usaha kayak iklan dan sumber daya manusia. Bisa juga dikonversikan menjadi uang online.

2. Bisnis startup punya pasar yang lebih luas

Masih ada hubungannya sedikit dengan lokasi, modal utama tadi yang memanfaatkan teknologi internet membuat bisnis kamu gak lagi terbatas lagi oleh jarak. Sehingga orang di manapun, di seluruh dunia dapat melihat etalase produk kamu yang dijual.

Lain cerita kalau kamu memilih usaha lain yang bertumpu di satu lokasi aja, pangsa pasar lebih terbatas lantaran letak geografisnya gak mencangkup seluruh wilayah.

Bisa aja sih kamu memasarkan produk itu melalui media sosial tapi biaya yang dikeluarkan udah pasti bertambah dan menjadi kurang efisien.

3. Startup memerlukan modal yang relatif lebih rendah

Karena gak perlu mengeluarkan biaya yang banyak pada beberapa keperluan seperti sewa tempat, belanja barang fisik dan sumber daya manusianya bikin modal usaha relatif rendah.

Kadang kita sering mendengar kalau salah satu kendala seseorang sulit buat membuka usaha adalah keterbatasan modal. Namun, hal itu kini udah bisa sedikit teratasi dengan munculnya model perusahaan rintisan.

3 Cara Gunakan Uang THR Untuk Masa Depan

Uang Elektronik

Tunjangan hari raya sudah cair nih, kira-kira baiknya dipakai buat beli apa ya? HandphoneGadget lain, atau baju baru?

Buat kamu yang ingin menguras THR dengan bijak bulan ini, mungkin beberapa cara ini bisa jadi pertimbangan.

Dijamin, melakukan beberapa hal di bawah ini kamu gak bakal rugi dan mungkin bisa bahagia di masa depan:

1. Belanja saham blue chip

Setelah dipakai buat belanja, eh masih ada sisa. Belikan saja saham blue chip, mumpung transaksi di bursa efek masih berlangsung karena libur Lebaran belum tiba.

Gak lama usai liburan berakhir, toh kamu gajian lagi kan? Seandainya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami pelemahan, kamu bisa dapat harga diskon lagi tuh kalau mau beli saham. Seru dong!

Begitu pun dengan Unilever, perusahaan consumer goods ini juga harga sahamnya lagi murah.

Kapan lagi bisa beli saham bank BCA, BRI, Mandiri, atau BNI murah kalau gak sekarang? Sok silahkan gunakan uang THR buat borong saham ini.

2. Beli reksadana

Buat kamu yang masih awam dalam dunia investasi tapi “kepingin” banget bisa investasi demi masa depan, jangan gunakan uang THR bulan ini, sisakan setengahnya agar bisa kamu habiskan membeli produk reksadana.

Bagaimana caranya? Gampang kok, sekarang Tokopedia atau Bukalapak menyediakan fitur ini. Reksadana yang kamu beli di sana juga performanya cukup baik.

Sejatinya, ada empat reksadana yang umum bagi warga Indonesia, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Yang cocok buat pemula tentunya pasar uang dan pendapatan tetap karena risiko investasinya kecil. Namun, imbal hasilnya juga gak besar-besar amat. Tapi, lumayanlah daripada uangnya habis gitu saja.

3. Investasi P2P lending

Mau investasi uang elektronik tapi sepraktis reksadana dan returns-nya lebih besar? Ya udah, gunakan uang THR kamu untuk P2P lending saja.

Ini merupakan platform yang mempertemukan peminjam uang dan yang meminjamkan. Namun, sebagian besar peminjam adalah mereka yang dinilai tidak bankable.

Bankable di sini artinya memang cukup luas. Ada yang sulit mendapatkan akses perbankan setempat, hingga “tidak layak kredit.” Karena itu, mengapa risiko dari investasi satu ini dianggap menengah hingga tinggi, meski kredit macet di platform ini juga gak besar.

Bicara soal P2P lending, investasi ini memang sangat praktis. Registrasinya pun mudah, dan bisa dibilang lebih sederhana ketimbang reksadana.

4 Cara Hemat Membeli Tiket Pesawat

Uang-Elektronik
Uang Elektronik

Tiket pesawat murah sudah menjadi impian sebagian orang yang ingin mudik atau pulang kampung saat Lebaran. Tetapi yang ada saat ini malah harga-harga sudah melonjak tinggi bahkan sebelum bulan puasa tiba.

Tetapi guys, kamu jangan berkecil hati dulu. Masih ada beberapa cara kok supaya kamu bisa pulang kampung dengan harga yang masih terjangkau. Kamu bisa mendapatkan harga tiket diskon atau promo yang diberikan maskapai.

Juga ada beberapa tips untuk mencari tiket pesawat murah tersebut. Apa aja sih? kita simak yuk ulasannya berikut ini:

1. Mendapatkan tiket murah dengan memanfaatkan media sosial dengan baik

Media sosial jangan hanya kamu jadikan ajang pamer kegiatan sehari-hari saja. Gunakan juga untuk beli tiket online dong. Sudah saatnya kamu mengikuti beberapa akun atau website maskapai.

Sebab beberapa maskapai ternyata kerap memberikan informasi promo di awal pekan. Head of Communication AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengatakan, pihaknya kerap menggelar promo dan biasanya diumumkan setiap hari Senin.

2. Hindari libur panjang

Kalau kamu sekedar ingin jalan-jalan saja dengan menggunakan transportasi udara, coba jangan pilih di musim libur dengan durasi panjang seperti momen Lebaran saat ini. Pasalnya, kamu bakalan bersaing dengan mereka yang ingin mudik ke kampung halaman.

Niat kamu jalan-jalan di momen tersebut lebih baik diurungkan saja. Pilih hari lain atau jangan yang ada momen libur panjang seperti Lebaran nanti.

Kenapa? hal ini wajib kamu hindari kalau ingin mendapatkan tiket pesawat murah. Di momen Lebaran nanti yang juga merupakan libur panjang, pihak maskapai penerbangan pasti sudah menaikkan harga dari tiketnya.

3. Cari low season

Kamu merencanakan traveling menggunakan moda transportasi udara di saat long wiken atau peak season, ya siap-siap mendapatkan harga tinggi. Tunda dulu sampai low season, dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sebab di saat itulah maskapai menurunkan harga tiketnya

4. Jadilah member maskapai penerbangan

Cara lain untuk mendapatkan potongan harga atau promo tiket adalah dengan menjadi member di maskapai penerbangan tersebut. Cobalah untuk ikut program rewards atau benefit maskapai.

Pasalnya, dengan itu kamu dapat memiliki kesempatan khusus mengakses promosi harga tiket yang murah dan lebih dahulu sebelum dibuka untuk publik. Lebih menarik bukan?Posted on

4 Cara Mengatur Keuangan untuk Ibu-Ibu Muda

uang-elektronik
Uang Elektronik

Baru menjadi seorang ibu muda tidaklah gampang. Apalagi dalam mengatur uang rumah tangga selama satu bulan, dan terus menerus. Belum lagi jika kamu seorang pekerja yang merangkap sebagai ibu pula. Tentu ini akan menjadi rumit kalau kamu gak tahu tips mengatur keuangan dengan baik.

Dengan menjalankan strategi keuangan yang cerdas, seorang ibu muda pasti bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Nah bagaimana sih agar hal tersebut bisa terwujud dengan baik? Kita simak yuk kiat-kiatnya berikut ini

Tips mengatur keuangan yang pertama dengan menyusun anggaran  

Setelah menjadi ibu, belanja kebutuhan bayi secara rutin membuat keuanganmu terguncang. Hadirnya seorang anak selalu beriringan dengan tanggung jawab yang cukup besar. Oleh karena itu membesarkan anak memerlukan perencanaan keuangan jangka panjang.

Mulailah dengan mencatat apa saja kebutuhan pengeluaran mulai dari popok, susu bayi hingga jasa baby sitter jika memang diperlukan. Anggaran itu akan membantu fokus uang kamu pada hal-hal yang benar-benar penting dan membantu mencegah pengeluaran berlebihan.

Memiliki asuransi

Jika sudah menikah, apalagi telah dikaruniai seorang anak, kamu harus memiliki asuransi kesehatan dan jiwa yang memadai. Perusahaan tempatmu bekerja mungkin sudah memberikan asuransi kelompok, tetapi itu saja belum cukup lho.

Untuk penanganan lebih maksimal dalam keadaan darurat, kamu disarankan untuk memiliki cakupan asuransi kesehatan pribadi. Asuransi berjangka akan memastikan kebutuhan keuangan keluarga akan dijaga jika kamu meninggal di usia muda.

Buat dana darurat

Dana darurat sangat penting kamu miliki dan merupakan tips mengatur keuangan yang tak boleh kamu tinggalkan. Apalagi jika sudah memiliki keluarga. Dana dadakan bisa menjadi sangat penting jika terjadi sesuatu pada dirimu atau keluargamu di masa mendatang.

Bukan menakut-nakuti, tetapi memang kamu harus siap menghadapi semua kemungkinan seperti kehilangan pekerjaan, darurat medis mendadak, perceraian, dan lain-lain. Jadi siapkan dana darurat dari sekarang! Atau bisa juga dalam bentuk deposito hingga reksa dana.

Berinvestasi

Mencoba investasi juga gak ada salahnya kok. Carilah investasi yang sesuai dengan tujuan hidup kamu. Jika kamu seorang ibu dan belum memulai rencana investasi sistematik, mulailah. Sebab itu akan akan membuat kebutuhan keuangan di masa depan anak aman.

Jadi luangkan waktu untuk mencari tahu berbagai informasi investasi apa, instrumen yang seperti apa dan bagaimana pilihannya berdua dengan pasangan. Atau kamu bisa juga kalau mau menggunakan jasa seorang ahli keuangan dalam hal ini.

4 Jenis Usaha Kecil yang Bisa Bikin Kaya

uang-elektronik
Uang Elektronik

Mempunya usaha kecil memang sangat membantu, bahkan bisa membuat kaya. Dengan syarat, kamu pintar menjalankannya, untung dijamin bakal datang terus menerus tanpa henti.

Nah, apa aja peluang-peluang usaha kecil yang menguntungkan yang bisa jadi usaha rumahan tersebut? Inilah daftar usahanya:

1. Catering rumahan

Pilihan satu ini bisa kamu ambil kalau pengin punya usaha kecil menguntungkan. Faktanya, banyak perusahaan saat ini menyediakan makanan catering untuk makan siang setiap karyawannya.

Lebih bagus lagi, kalau catering rumahan yang kamu miliki menerima pesanan untuk pesta pernikahan. Omzet kamu terima dapat lebih besar lagi, kira-kira puluhan juta masuk ke rekening cuma buat satu pesta pernikahan.

Bermodalkan 5 juta rupiah, kamu bisa memulai usaha catering rumahan. Coba mulai dengan menawarkan makananmu ke kantor-kantor, usaha catering bisa terus berkembang seandainya nanti sukses.

2. Air isi ulang

Di kota-kota besar orang-orang berlahan sudah mulai meninggalkan air sumur dan beralih ke air isi ulang untuk minum.

Apalagi perkantoran, mustahil kamu minum air yang dimasak. Kalau haus kamu tinggal ke dispenser, dan minum air dari galon.

Di sinilah peluangnya. Kamu bisa mencoba usaha usaha ini buat memenuhi pesanan-pesanan yang ada. Dengan modal dari 15 jutaan hingga 30 jutaan, kamu udah bisa memulai usaha kecil ini.

3. Laundry kiloan

Coba kamu lirik usaha laundry. Kenapa usaha ini menjanjikan? Nyatanya, semakin banyak orang yang udah mulai malas mencuci bajunya sendiri.

Kesibukan mereka selama bekerja bikin mereka gak punya waktu buat mencuci. Alhasil, munculnya usaha laundry kiloan meringankan beban mereka dalam membersihkan pakaian.

Modal membuka usaha laundry kiloan mulai dari 15 – 20 juta rupiah. Omzetnya bisa mencapai 16 jutaan kalau ramai.

4. Pangkas rambut

Menjalankan usaha potong rambut juga menjadi pilihan usaha kecil yang menguntungkan. Beberapa usaha pangkas rambut ternama yang dulunya mulai dari kecil bisa mengantongi omzet hingga 80 juta.

Lalu, berapa modal yang dibutuhkan buat membuka usaha potong rambut ini? Modal Rp 30 juta – Rp 50 juta sudah cukup untuk kamu membuka usaha pangkas rambut. Itu pun modal yang dipakai untuk menjalin kemitraan.Posted

Catat 2 Hal Ini Biar Kaya Saat Pensiun !

Kirim Uang

Mungkin memikirkan hari pensiun masih terlalu dini bagi sebagian orang terutama generasi milenial. Namun ternyata, hal ini cukup penting tuk dilakukan karena jika Anda terus merasa muda dan acuh terhadap hari pensiun, nantinya hidup Anda di masa pensiun akan terasa begitu menyulitkan.

Anda tidak mau ini terjadi bukan? Untuk itu, berikut ada dua hal penting yang harus dipersiapkan terutama oleh generasi milenial jika ingin masa pensiunnya tetap hidup makmur. Mau tahu apa saja?

Berikut adalah 2 hal yang harus diperhatikan generasi milenial jika ingin kaya saat pensiun :

1. Lunasi Setiap Utang yang Anda Miliki

Jika Anda saat ini masih memiliki banyak tagihan kredit atau utang maka segeralah kirim uang untuk melunasinya selagi Anda masih muda dan memiliki banyak waktu.

Jangan berleha-leha, jangan berpikir ‘Saya masih muda, nanti saja utangnya saya lunasi’. Jangan pernah berpikir seperti ini. Buang segera pemahaman ini. Semakin cepat Anda melunasi utang, maka semakin tenang hari Anda waktu pensiun.

Pasalnya hutang akan membuat anda tersiksa di masa tua. Apalagi jika hutang yang Anda miliki bisa berbunga. Tentunya akan menguras keuangan Anda nantinya.

2. Mulailah untuk Berinvestasi

Jangan jadikan umur sebagai patokan Anda untuk mulai berinvestasi. Belajarlah sedikit demi sedikit untuk mengetahui dunia investasi. Jangan takut juga untuk mencoba. Tak ada ruginya mencoba gagal berinvestasi saat masih muda daripada menunggu saat tua dimana Anda tidak bisa lagi menghasilkan uang.

Jangan menunggu memiliki uang banyak untuk memulai investasi karena ini sama saja kesalahan besar yang seharusnya dihindari.

Coba mulai sisihkan uang 1 hingga 5 persen dari pendapatan Anda untuk berinvestasi dan angka ini akan berubah menjadi 10 hingga 20 persen.

Pelajari dan cari tahu investasi apa yang terbaik. Lalu segeralah memilih untuk berinvestasi, karena semakin cepat berinvestasi maka semakin baik pula hidup Anda ke depannya. Melakukan hal ini tentu akan membuat anda kaya saat pensiun.

Itulah dua hal yang harus kamu ketahui supaya kaya saat pensiun. Terapkan dua hal tersebut semoga hidup Anda di waktu tua lebih mudah.

5 Cara Nabung Uang Receh yang Harus Kamu Terapkan !

kirim-uang
Kirim Uang

Seringkali kita menganggap uang kecil itu kurang praktis jika dibawa ke mana-mana karena nominalnya yang kecil dan perlu jumlah yang banyak untuk mencapai nominal yang lumayan besar. Akibatnya, banyak kalangan yang tak merasa nyaman dengan memegang uang kecil dan lebih suka melakukan transaksi online saja. Sementara, uang tersebut juga biasa kita geletakkan begitu saja.

Padahal bila ditabung dengan benar, lama-lama jumlahnya akan besar dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Nah, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan ketika nabung uang receh, yuk kita simak!

1. Nabung Uang Receh sesuai dengan pecahan yang ditentukanP

Hal pertama yang perlu dilakukan otomatis kamu perlu menentukan nominal yang akan kamu tabung. Apakah Rp 1.000, Rp 2.000 atau Rp 5.000? Semua itu diusahakan tidak membebani dirimu. Nah setelah kamu sudah memutuskan berapa nominal uang yang akan kamu tabung, mulailah konsisten untuk menabung.

2. Pisahkan tabungan berdasarkan nominalnya

Nah kalau kamu merasa uang kamu banyak dan kurang bisa dimanfaatkan, cobalah tabung sesuai nominalnya. Misalnya kamu mempunyai nabung uang receh Rp 2.000 dan Rp 5.000 nah kamu pisahkan keduanya dan tabung di tempat berbeda. Lakukan konsisten dan hanya tabung dengan nominal uang yang sama saja di antara keduanya, jangan disatukan dan biarkan kedua nominal itu disimpan di suatu tempat yang aman.

3. Jadikan uang kembalian sebagai uang tabungan yang tak boleh digunakan

Ketika sedang berbelanja, kamu pasti akan mendapatkan uang kembalian yang berbentuk recehan. Nah uang recehan ini jangan kamu gunakan untuk apapun cukup tabung saja, dengan begitu tabunganmu akan segera penuh.

Namun lakukan hal ini ketika keuanganmu dalam kondisi baik. Jika tidak, jangan dipaksakan. Penuhi kebutuhan primermu dahulu barulah setelah itu pikirkan tentang menabung dan kebutuhan sekunder lainnya.

4. Buat jangka waktu untuk tabungan

Nah agar uang yang kamu tabung berkumpul dengan nominal yang cukup banyak tentunya kamu perlu jangka waktu. Tentukan sampai kapan kamu menabung apakah setahun atau dua tahun misalnya. Lalu setelah itu bersikaplah konsisten ketika menabung dan jangan lupa untuk menempelkan waktu kapan tabungan tersebut akan dibuka. Dengan begitu tentunya kamu akan mendapatkan uang tabungan yang bisa memenuhi kebutuhanmu, bahkan uang ini bisa kamu gunakan saat darurat.

4 Cara Menghemat Pengeluaran di Tanggal Tua

kirim-uang
Kirim Uang

Apakah Anda pernah merasakan persediaan uang yang semakin tipis di tanggal-tanggal tua? Biasanya di tanggal tua keuangan sudah mulai agak macet, bahkan mencekik.

Beberapa dari Anda bahkan harus kuat menahan diri untuk tidak jajan karena memang tanggal gajian yang masih terhitung lama.

Agar kondisi keuangan seperti ini tak terjadi setiap bulan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sejak awal bulan. Tanpa perlu terlalu mengencangkan ikat pinggang, beberapa tips keuangan berikut ini bisa dicoba.

1. Pilih Transportasi Umum Gratis

Untuk Anda yang tinggal di kota besar, ada beberapa jenis transportasi yang memang disediakan pemerintah secara gratis. Jangan malu dan ragu untuk menggunakan moda transportasi ini untuk menghemat pengeluaran. Jika di daerah Anda belum bisa ditemukan transportasi umum yang gratis, minimalkan pengeluaran dengan menggunakan satu jenis transportasi yang bisa berbagi membayarnya bersama rekan kantor yang satu arah.

2. Bawa Kopi dari Rumah

Tanpa disadari, kebiasaan minum kopi saat berada di kantor menjadi salah satu pengeluaran yang cukup menguras tabungan. Tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan sendiri kopi dari rumah dan dimasukkan ke dalam tumbler agar tetap hangat saat sampai di tempat tujuan. Selain menghemat pengeluaran, tentunya Anda juga lebih bisa bebas berkreasi untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah.

3. Sarapan

Tidak berbeda jauh dengan membawa kopi, sarapan juga akan menghemat pengeluaran Anda. Tidak jarang Anda akan menjadi lebih loyal untuk membeli banyak jenis makanan saat melihat varian menu sarapan yang berlimpah di kantor. Bandingkan jika Anda telah terlebih dahulu sarapan di rumah, sehingga perut pun terasa sudah lebih kenyang dan tidak tertarik lagi untuk jajan.

4. Pintar-Pintar Pilih Promo

Meski irit, tapi janganlah pelit. Satu hal yang dapat Anda lakukan saat tanggal tua sudah menerjang adalah dengan memanfaatkan promo sebaik mungkin. Banyak cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan promo terbaik, mulai dari langsung mencari dari restoran yang biasa Anda kunjungi atau menggunakan aplikasi pendukung yang akan memberikan keuntungan dengan mengurangi nilai transaksi Anda.