Tips Membuat Keuangan Sehat yang Mudah

sistem ekonomi IndonesiaApakah Anda sering merasakan momen saat gaji Anda habis sebelum waktunya? Atau saat Anda cek saldo di bank tiba-tiba sudah berkurang banyak? Ini sudah menandakan bahwa Anda out of control dalam mengeluarkan uang. Dan Anda harus segera menghentikannya dan membuat keuangan sehat segera mungkin. Sudah dapat dipastikan, bagi Anda yang suka kesulitan mengatur uang pasti sangat sulit mengembalikan keadaan keuangan menjadi normal atau lebih baik. Akan tetapi, Anda tetap bisa membuat keuangan sehat  dengan cara melakukan beberapa tips di bawah ini.

Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Cara pertama yang paling mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat keuangan sehat ialah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda. kenapa? Dengan Anda tahu seberapa banyak pemasukan, maka Anda bisa mengira-ngira berapa banyak yang bisa Anda keluarkan sampai Anda mendapatkan gaji kembali. Anda bisa menggunakan catatan manual dengan menggunakan buku, notes, atau memanfaatkan teknologi dari ponsel pintar Anda. dengan begitu, Anda mampu memperbaiki keuangan dengan sedikit-demi sedikit.

Investasikan Dana Anda

Satu hal yang harus Anda terapkan ketika akan membuat keuangan sehat, yaitu sisihkan uang Anda untuk berinvestasi atau sekadar menabung. Faktanya, dengan memiliki simpanan sendiri, hidup Anda di masa depan akan lebih tenang dan terjamin. Lagi pula, banyak jenis investasi yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti investasi reksa dana, deposito, atau investasukan uang Anda di asuransi kesehatan dan Pendidikan anak. Tentu saja ini akan lebih berguna dibandingkan Anda menghabiskannya dengan membeli hal yang tidak diperlukan, bukan?

Miliki Uang Tunai Secukupnya

Ketika Anda memiliki uang cash lebih di dalam dompet, maka Anda akan lebih memiliki keinginan untuk menghabiskannya. Tidak hanya karena Anda hangout di mal, jajan di sekitar rumah saja sudah bisa menguras uang tunai Anda, lho! Oleh sebab itu, saat akan membuat keuangan lebih sehat, yang Anda butuhkan ialah ambil atau miliki uang tunai secukupnya. Dengan begitu, Anda akan merasa bahwa uang yang Anda miliki cukup pas-pasan sehingga tidak akan tertarik untuk menghambur-hamburkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *