Tips Menghindari Korban Pinjaman Online

uang-online
Uang Online

Kemudahan akses internet memberikan banyak keuntungan. Beragam informasi dan fasilitas berbasis online bisa diakses secara cepat. Mulai dari sekadar seputar informasi, belanja, pindidikan, hingga produk keuangan termasuk meminjam uang, dan masih banyak lagi.

Jika memang Anda membutuhkan dana segar, simak beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak menjadi korban pinjaman online.

1. Pastikan Anda Memilih ‘Fintech’ yang Sudah Resmi dan Terdaftar

Tingkat permintaan akan pinjaman berbasis online di Indonesia sangat tinggi. Sehingga wajar saja jika jumlah fintech yang bisa ditemukan juga bisa mencapai ratusan.

Fintech yang sudah terdaftar di OJK pada umumnya sudah memenuhi syarat dan juga kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah melalui OJK, sehingga kinerjanya sudah bisa dipertanggung jawabkan.

2. Ajukan Pinjaman Hanya jika Benar-Benar Perlu dan Mendesak

Akses mudah untuk mendapatkan peminjaman bukanlah alasan bagi Anda untuk mencoba-coba peruntungan dalam mendapatkan sejumlah dana. Hindari hal-hal seperti ini, apalagi meminjam tanpa adanya perencanaan yang jelas.

Pastikan Anda hanya mengajukan pinjaman di saat-saat mendesak dan benar-benar membutuhkan dana saja, agar pinjaman tersebut memang bisa memberikan manfaat maksimal bagi Anda. JIka tidak begitu penting, hindari hal tersebut agar tidak menjadi korban pinjaman online.

3. Ajukan Pinjaman Hanya Bila bisa Memberikan Manfaat Produktif

Meminjam uang online untuk membeli gadget baru atau bahkan berlibur adalah keputusan yang fatal. Bukan hanya tidak memberikan manfaat maksimal, keputusan yang seperti ini tentu akan menjadi masalah di dalam keuangan.

Pinjaman haruslah memberikan dampak atau manfaat positif bagi keuangan Anda, sehingga bisa menghindari korban pinjaman online. Jika Anda melihat peluang bisnis dan membutuhkan sejumlah modal untuk memulainya, maka tidak ada salahnya untuk melakukan peminjaman.

4. Rencanakan dan Miliki Sumber Dana Pembayarannya

Bukan hanya sekadar mengajukan dan menggunakan saja, Anda juga wajib membayar peminjaman yang Anda dapatkan. Hal ini perlu Anda pikirkan sejak awal, bahkan sebelum Anda terjerat korban.

Ke mana dananya akan digunakan dan bagaimana kelak Anda akan membayar cicilannya hingga lunas? Pertimbangkan kedua hal ini dengan baik sejak awal, agar pengajuan pinjaman Anda tidak menimbulkan masalah finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *